Berita

Siswa Cendikia Mandiri Belajar Mengolah Limbah Tutup Botol Menjadi Barang Berfaedah

Limbah plastik menjadi sumber pencemaran lingkungan mengingat sifat plastik yang susah terurai, butuh waktu beratus tahun untuk bisa terurai didalam tanah. Tidak bisa dipungkiri lagi, jumlah limbah plastik semakin lama terus meningkat. Jika pada tahun 1950-an jumlah sampah plastik didunia mencapai 2 juta ton per tahun, maka sekarang ini bisa meningkat jumlahnya menjadi 300 kali lipatnya yaitu 600 juta ton per tahun.

Lantas bagaimana solusinya ?

Kami dari Cendikia Mandiri berupaya untuk tidak hanya sekedar mengurangi limbah sampah plastik dengan menjadikan barang yang mempunyai nilai guna. Mungkin langkah kami bukanlah langkah besar namun dengan mengajarkan para siswa untuk bisa lebih bijak mengolah limbah plastik, setidaknya bisa membuka wawasan dan kepedulian siswa untuk bisa menjaga lingkungan.

Hari Sabtu ( 25/2/2023) siswa sekolah paket PKBM Cendikia Mandiri belajar mengolah limbah botol plastik menjadi pernak pernik cantik yang bermanfaat. Dipandu oleh beberapa tutor yaitu Uut Pujiyati dan Toyibah, siswa diajari membuat kerajinan dari botol plastik menjadi bros dan gantungan kunci.

Bahan Dan Peralatan Yang Digunakan

Bahan

3 tutup botol air mineral, tali kur / macrame, manik – manik, peniti / bros, gantungan kunci, kain flanel

Alat

Gunting, korek api dan lem tembak

Cara Membuat

  • Potong ujung macrame / tali kur, dan dibakar
  • Beri sedikit lem lilin ditengah tutup botol, kemudian tempel tali kur sambil ditekan lakukan sampai memutar.
  • Satukan tutup botol dengan kain flanel, kemudian lanjut melilit tali kur sampai membentuk seperti topi.
  • Potong sisa tali kur, bakar ujungnya dan rapikan kain flanel dengan cara digunting, disesuaikan dengan lebar tali kur.
  • Pasang hiasan mote atau bunga – bunga dan pasang peniti bros

Lihat Hasilnya :

Naah cantik sekali hasilnya bukan? botol air mineral yang biasanya terbuang sia – sia bisa kita manfaatkan menjadi barang yang berguna dan bernilai ekonomi. Selain mengurangi limbah yang ada dimuka bumi, dengan kegiatan diharapkan siswa bisa berkreasi secara kreatif.

Untuk liputan lebih lengkap bisa dilihat di Chanel Youtube Cemani TV

(Hnf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *