Berita

Pelatihan Membuat Batik Shibori

Sabtu, 9 Januari 2021 Kelas 12 Cendikia Mandiri belajar membuat batik celup metode Shibori. Shibori merupakan salah satu kesenian dari Jepang, mulai banyak dikenal dan diminati di Indonesia. Pembuatan Shibori dengan membuat sebuah pola pada kain diciptakan melalui proses pencelupan pada pewarna. Dasarnya pembuatan shibori mirip seperti membatik, di mana beberapa bagian kain dilindungi agar tidak terkena pewarna. Sehingga hasil akhirnya memberikan pola sesuai dengan bagian yang diwarnai dan dilindungi. Oleh karena itu shibori di Indonesia dikenal dengan batik shibori atau batik celup.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri. Karena kelas 12 sebentar lagi lulus, sehingga mereka perlu bekal yang cukup untuk mengarungi dunia.

Proses pembuatan batik shibori yang mudah, bahan yang mudah didapatkan, dan tidak memakan waktu yang lama, maka hal ini sangat cocok menjadi alternatif lain untuk siswa kami belajar ketrampilan dan dapat menjadi pilihan untuk berwirausaha.Teknik membuat Shibori yang diajarkan ada berbagai macam, diantaranya yang cukup dikenal dan sering digunakan, seperti: Kanoko Shibori, Kumo Shibori, Nui Shibori, Arashi Shibori, atau juga Itajime Shibori. Masing-masing teknik menghasilkan pola yang unik dan berbeda, aplikasi juga berbeda.

Melalui pelatihan ini diharapkan siswa bisa mempraktekkan secara mandiri, dan dijadikan inisiasi untuk berwirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.