Berita

PKBM Cendikia Mandiri Mendukung Gerakan Kembali Bersekolah

Pendidikan merupakan salah satu fondasi penting dalam membangun masa depan yang cerah. Dalam rangka meningkatkan akses pendidikan di Indonesia, pemerintah daerah bekerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan nonformal seperti PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) terus berupaya memberikan layanan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat. Salah satu upaya nyata adalah partisipasi dalam sosialisasi gerakan kembali bersekolah yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di Graha Bumi Pala Temanggung pada hari Kamis ( 7/9/23).

Acara yang bertajuk Sosialisasi gerakan kembali ke sekolah melalui pedidikan kesetaraan ini diikuti oleh 500 siswa belajar PKBM di Temanggung. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan bagi anak-anak usia sekolah dan bagaimana mereka dapat kembali bersekolah atau melanjutkan pendidikan yang terputus melalui pendidikan kesetaraan.

Motivasi Dan Semangat Dari Bupati Temanggung

Sosialisasi ini berlangsung selama dua jam, dari pukul 13.00 sampai 15.00 WIB. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung, yang menyampaikan tentang latar belakang dan tujuan dari gerakan kembali bersekolah. Beliau juga mengapresiasi peran PKBM dalam memberikan pelayanan pendidikan kesetaraan bagi masyarakat.

Dalam rangkaian acara sosialisasi ini selain dihadiri oleh jajaran dari Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kab. Temanggung, Kepala Sekolah dan Guru PKBM di Temanggung, Siswa belajar ini juga diberi semangat dan motivasi dari Bupati Temanggung M. Hadik.

Beliau mengatakan bahwa banyak faktor kenapa anak – anak di Temanggung ini putus sekolah, diantaranya karena aksesnya jauh dari sekolah, karena bekerja dan juga karena adanya pandemi covid, dan setelah covid selesai jadi malas masuk sekolah. Dengan begitu tugas pemeritah daerah Temanggung metani satu persatu dari desa ke desa siapa yang tidak bersekolah, melalui PKBM – PKBM ini setiap siswa diajak untuk bersekolah dan nantinya dibiayai oleh pemerintah.

“Jangan berkecil hati, kuncinya adalah semangat dan kerja keras. Ikut PKBM untuk sekolah kembali agar dapat ijazah, setelah lulus nanti dunia terbuka lebar bagi kalian semua. Bercita citalah setinggi langit. Kalau jatuh minimal jatuhnya bersama bintang – bintang sehingga tetap ikut ketularan gemerlapnya bintang.” ujarnya memberi semangat kepada Siswa belajar PKBM yang datang ke Graha Bumi Phala.

PKBM menjadi salah satu contoh yang sukses dalam mendukung gerakan kembali bersekolah yang digalakkan oleh pemerintah daerah. Melalui program kesetaraan pendidikan dan berbagai inisiatif pendidikan nonformal lainnya, mereka berkontribusi besar dalam meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat. (Penulis : Ifa , Foto : Benaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *