Uncategorized

Siswa Sekolah Paket PKBM Cendikia Mandiri Belajar Membuat Tas Dari Kain Goni Dan Kain Perca Batik

Temanggung ( 17/3/2023) Siswa sekolah paket PKBM Cendikia Mandiri belajar membuat tas handamde dari kain goni dan kain perca batik. Setelah minggu lalu siswa PKBM Cendikia Mandiri belajar membatik, kain – kain hasil goresan dari beberapa siswa ini diaplikasikan kedalam tas dipadukan dengan kain goni.

Kain goni kami pilih karena tekstur dari seratnya sangat kuat dan tahan lama sehingga ideal untuk membuat tas yang kuat dan tahan lama. Selain itu, bahan dari kain goni ramah lingkungan karena terbuat dari serat jaringan tanaman goni atau abaca yang tumbuh di wilayah tropis. Pembuatan tas ini secara handmade ( dibuat dengan tangan ) dengan bantuan mesin jahit dengan bahan yang dipakai ramah lingkungan dan tidak mencemari lingkungan seperti produk-produk massal yang dihasilkan dengan mesin.

Kami melatih siswa membuat produk – produk handmade karena produk handmade selalu unik, dibuat satu per satu dan tidak ada satu produk yang sama dengan produk yang lainnya. Ini membuat produk tersebut unik dan berbeda dari produk-produk massal yang sama persis. Selain itu, Kualitasnya tentu lebih baik karena dikerjakan dengan hati-hati dan detail. Siswa pun bebas memilih menggunakan motif dan model tas sesuai dengan keinginannya.

Pembuatan tas ini dilatih langsung oleh Ibu Rizky hayutami yang biasa dipanggil Mbak Kiki, beliau sudah malang melintang membuat tas handmade dari berbagai bahan kain termasuk kain goni ini sejak 6 tahun yang lalu dan memasarkan secara online melalui platform Instagram di @hayumislipper. Mbak Kiki datang langsung dari rumahnya di Kenteng, Wonosobo ke basecamp Cendikia Mandiri di Puri Kencana, Temanggung.

Berikut ini adalah langkah – langkah membuat tas handmade dari kain goni motif batik.

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu : kain goni, kain untuk motif, kain interfacing untuk memberi kekakuan pada tas, benang, jarum dan resleting.
  2. Buat pola tas sesuai dengan desain yang diinginkan.
  3. Potong kain sesuai dengan pola yang telah dibuat, termasuk bagian luar, bagian dalam, dan interfacing. Pastikan potongan kain bagian dalam dan luar memiliki ukuran yang sama.
  4. Tempelkan motif kain batik sesuai dengan pola sebagai hiasan depan tas.
  5. Jahit bagian samping, bagian bawah, dan bagian atas tas.
  6. Jahit bagian dalam tas, dan jangan lupa untuk meninggalkan celah kecil di bagian bawah tas untuk membalikkan tas nanti.
  7. Jahit resleting pada bagian atas tas.
  8. Balikkan tas melalui celah yang telah dibuat di bagian bawah tas.
  9. Setelah tas selesai dibalikkan, jahit celah yang tadi ditinggalkan di bagian bawah tas.

Hasilnya bisa dilihat dibawah ini

Wah ternyata hasilnya bagus banget, terlihat sangat ekslusif padahal dibuat dari kain sisa yang tidak terpakai. Semoga dengan pelatihan ini, siswa sekolah paket PKBM Cendikia Mandiri mampu untuk memilah dan memanfaatkan kain sisa untuk dibuat barang berguna. Corak kain yang berbeda – beda sehingga memungkinkan Anda untuk membuat tas dengan desain yang unik dan menarik. Bahkan bisa dijadikan sumber ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *