Pendidikan Kecakapan Di Cendikia Mandiri

Belajar bisa dimana saja, termasuk di Garaso

Belajar di cendikia mandiri tidak melulu belajar teori saja. Secara umum, komunitas belajar cendikia mandiri ini berorientasi pada pendidikan yang membebaskan. Yaitu pendidikan yang sesuai dengan fitrahnya, sehingga bisa mengembangkan potensi warga belajar untuk menghadapi perannya di masa yang akan datang.

Untuk itu, kami juga mengajarkan pendidikan kecakapan atau life skill ini, agar mereka belajar mandiri, bisa meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap warga belajar di bidang pekerjaan/usaha tertentu sesuai dengan bakat, minat perkembangan fisik dan jiwanya serta potensi lingkungannya, sehingga mereka memiliki bekal dikemudian hari.

Seperti pada tahun pelajaran 2019, ada beberapa keterampilan yang diajarkan. Yaitu kelas memasak ( cooking class ) , sablon, lukis dan ecoprint.

Anak – anak serius mengikuti pelatihan ecoprint

Perlu diketahui, kemandirian dapat berkembang dengan baik jika diberikan kesempatan melalui latihan terus menerus. Untuk itu warga belajar di Cendikia Mandiri, porsi pendidikan kecakapan / lifeskill bisa dikatakan porsinya seimbang dengan pembelajaran teori.

Belajar Sablon

Walaupun tempatnya terbatas, namun tidak lantas menggoyahkan semangat untuk belajar. Anak – anak bisa belajar dimana saja, bahkan ketika belajar sablon memanfaatkan Garasi dan juga di halaman rumah basecamp Cendikia Mandiri sekaligus menjadi tempat tinggal Pak Mohammad Asadi dan Bu Nurul Karimah ( ketua Yayasan Cendikia Mandiri)

Semoga dengan dibekali beberapa keterampilan ini, mereka mampu beradaptasi, berkembang dan berperilaku positif guna menghadapi tuntutan dan tantangan dalam kehidupan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *